ARTIST - Humania

PERSONEL :

Eki Puradireja ( Vocalist )
Heru Singgih ( Keyboardist )

BIOGRAPHY :

Humania terdiri dari Eki Puradireja dan Heru Singgih. Pada tahun 1990 kedua sahabat ini sama-sama bersekolah di KvB College, Sydney, Australia. Memiliki kesamaan ide dan visi, keduanya lalu membentuk duo Humania.

Humania tidak menyebut dirinya sebuah band ataupun grup musik, namun duo-produser. Karena baik Eki Puradireja maupun Heru Singgih keduanya merupakan seorang produser musik. “Pada dasarnya kita berdua senang memproduksi lagu dan musik, tampil di depan panggung hanyalah sebuah bonus.” Ujar Eki.

Mengapa ‘Humania’? Nama itu dipilih karena sesuai dengan lirik-lirik yang tertanam dalam lagu mereka. Lagu Humania banyak bercerita tentang hubungan antara sesama manusia dan manusia dengan Tuhan. Jadilah mereka memakai nama “Humania” yang dikenal hingga saat ini.

Genre musik Humania ialah paduan musik jazz, blues, hingga reggae bertemakan kemanusiaan. Bukan genre yang biasa di era 90′-an. Saat itu genre pop bertema percintaan merajalela industri musik Indonesia. Melihat kondisi perkembangan tren, berbagai record labels menganggap musik mereka kurang begitu diminati orang-orang. Namun yang terjadi adalah sebaliknya, lagu-lagu Humania mampu menarik perhatian pendengar musik serta membawa Eki dan Heru dikenal di seantero Indonesia.

Tahun 1993, Humania merilis album pertamanya berjudul TERSERAH. Lewat album ini mereka memilih single Terserah sebagai lagu andalan yang kemudian sukses di pasaran. Musik Humania saat itu tampil berbeda dengan musik yang sedang populer. Di tengah maraknya pop dan disko, Humania hadir dengan musik funk, reggae dan sedikit sentuhan jazz.


Tahun 1996 Humania kembali merilis album keduanya berjudul SAHABAT LAMA. Disusul dengan album ketiga mereka pada empat tahun kemudian yang bertajuk INTERAKSI. Setelah album ketiga, Humania memutuskan untuk vakum dari dunia musik. Eki sibuk dengan aktivitas barunya menjadi konseptor festival musik, sedangkan Heru berkarir di bidang marketing.

Setelah vakum selama 19 tahun, pada tahun 2019 ini Humania berencana kembali menyapa para penggemarnya lewat album keempat. Rencananya, Humania akan merilis single secara bertahap. Single pertama yang akan dirilis adalah lagu baru yang berjudul Semua Tak Sama. Single ini rilis pada tanggal 15 Februari 2019.

DISCOGRAPHY :

DISKOGRAFI (Humania):
Semua Sama (2019)
Genre :
Pop
Official Website :
http://humaniamusic.com/
Official Facebook Page :
-
Official Twitter :
-
Contact :
-