DISCOGRAPHY - GEISHA "Bersinar Terang (2014)"

Grup musik asal Pekanbaru yang berpersonilkan Momo (vokal), Roby (gitar), Nard (Bass), Dhan (keyboard), dan Aan (drum), Geisha, telah merilis dua album sejak kemunculannya pada 2013. Album pertama berjudulAnugerah Terindah (2009), lalu menyusul kemudian album Meraih Bintang (2011). Dan setelah tiga tahun berkarya, pada bulan April 2014 ini Geisha merilis album ketiga mereka.

Geisha menyatakan keoptimisan mereka dengan konsep barunya. Album terbaru ini mereka beri judul Bersinar Terang. Album baru ini bukan hanya memamerkan 9 lagu baru mereka. Namun, mereka mengisyaratkan banyak eksplorasi di musik mereka. Lagu-lagu mereka di album terbaru ini akan terdengar lebih playful. Banyak nuansa yang baru.

"Eksplorasi misalnya dari alat-alat yang dipakai di album ini bisa dibilang lebih modern. Kita juga mulai memakai banyak bantuan alat musik digital. Ada digitalisasi deh," jelas drummer Geisha, Ahmad Rasyid atau dikenal dengan sapaan Aan. Digitalisasi di musik Geisha ini terinspirasi dari musisi-musisi yang banyak mereka dengar saat penggarapan album Bersinar Terang. "Waktu garap album kita banyak dengerin EDM, seperti Robbert Hardwell, W&W, nah dari situ kita coba ambil sisi fun dari cara mereka melakukan mixing dan mastering," timpal Aan.

Single pertama dari album ini adalah sebuah lagu berjudul Kamu Jahat. Masih akan mengingatkan kita pada sosok Geisha. Dan kisah dalam lagu ini juga masih punya benang merah dengan single-single mereka sebelumnya. Dan saat kita mulai masuk ke lagu kedua, Akulah Pelangi, akan langsung terasa perbedaan suasana. Lagu ini terdengar sangat ceria. Up beat dan mulai banyak kemasukan unsur digital music.

Satu lagu lagi yang punya karakter serupa adalah lagu berjudul Sisi Lainnya. Lagu ini membuat Geisha terdengar lebih nge-rock dari biasanya. Lagu bertempo sedang ini sepertinya sedang memperlihatkan sisi lain dari selera bermusik para personel Geisha. “Dua lagu ini memang special. Banyak menggambarkan unsur kebersamaan kita. Dan isinya pun sangat netral. Yang sedih silahkan sedih, yang senang silahkan senang. Dua lagu yang mengajak kita menikmati hidup,” terang Aan.

Namun Geisha juga tetap tak mau melepas kekuatan mereka lewat lagu-lagu galau dan easy listening. Akan tetap ada lagu dengan kekuatan menyayat hati kita. Seperti Adil Bagimu Tak Adil Bagiku yang easy listening dan punya kekuatan seperti single-single jagoan Geisha terdahulu. Ditambah lirik yang sangat mengena bagi hati-hati yang galau. Sekali dua kali dengar, lagu ini bakal langsung meninggalkan jejak di hati kita.

Satu lagu galau lagi yang special adalah ½ Hatiku Tertinggal. “Di lagu ini, untuk pertama kalinya Geisha menggunakan saxophone dalam lagu kita” terang Aan. Dan ternyata saxophone ini mampu membuat lagu ini jadi lebih melankolis. Di album ini Geisha memang lebih berani bermain dengan aransemen music mereka. Bahkan mereka juga tak segan merubah konsep lagu di menit menit terakhir penggarapan album ini. Dan laguSudahlah Sudahlah jadi hasilnya. “Tadinya lagu ini, full instrument. Tapi saat mau mastering, kita hilangkan sebagian. Dan kita pilih untuk tampil minimalis. Ternyata pas didengar semua suka,” tambah Aan lagi

Di album ini kita juga diajak flashback, berkenalan dengan Geisha di awal berdirinya. Bukan Cuma lewat lagu-lagu single yang mereka selipkan di album ini. Tapi lewat sebuah lagu berjudul Salah. “Lagu ini sudah kami tulis tahun 2006. Tapi waktu itu ditolak sama label. Kemudian, sekarang kita re-works lagi. Sesuai dengan musikalitas kita sekarang. Namun, lirik dan nada itu memang karya di tahun awal Geisha.” Terang Aan.

Geisha memang tak pernah mau melupakan waktu-waktu yang pernah dijalani. Dan selalu berharap yang terbaik untuk mereka. Geisha ingin menciptakan sebuah rangkaian perjalanan yang indah. Maka setelah mereka mendapatkan Anugerah Terindah dan berhasil Meraih Bintang. Sekarang mereka berharap untuk bisa membuat semua pencinta music lebih bahagia dengan Bersinar Terang. Semoga sinarnya bisa member kebahagiaan buat kita semua.

Album Geisha yang ketiga ini Pihak Musica bekerja sama dengan Bermuda Music dan Texas Chicken Indonesia akan mendistribusikan penjualan CD Geisha melalui outlet-outlet Texas Chicken di seluruh Indonesia, kerjasama ini berlaku ekslusif selama 1 Tahun.

Ditengah pengalaman Texas Chicken yang telah melayani konsumen di Indonesia selama 30 tahun, GEISHA adalah Grup Musik ke 4 yang melakukan kerjasama Ekslusif penjualan Album CD nya melalui Jaringan Outlet Texas Chicken yang saat ini memiliki 93 Outlet yang tersebar diseluruh Indonesia, setelah sebelumnya ADA Band, Andra&The Backbone dan d’Bagindas telah secara ekslusif melakukan kerjasama penjualan dengan Texas Chicken.

Diharapkan hal ini akan mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat di seluruh Indonesia dan tentunya juga memerangi aksi pembajakan yang semakin marak.

 

 

 

Album : Bersinar Terang

Artist : Geisha

Track List:

 

01. Kamu Jahat

02. ½ Hatiku Tertinggal

03. Adil Bagimu Tak Adil Bagiku

04. Akulah Pelangimu

05. Sudahlah Sudahlah

06. Acuh Tak Acuh

07. Sisi Lainnya

08. Aku Harus Sendiri

09. Salah

10. Jika Cinta Dia

11. Cinta dan Benci

12. Lumpuhkan Ingatanku

 

Produksi : Musica Studio’s