DISCOGRAPHY - DUETTE "Awal Baru (2011)"

Simple saja nama ini diambil dari kata duet, yang artinya berdua. Karena Duette memang punya dua personel. Yang istimewa adalah dua personel ini sudah saling kenal sejak bayi. Karena mereka kakak beradik. Ozo sang kakak dan Adri sang adik, sama sama punya hobi bernyanyi. Dan seperti anak-anak muda sekarang ini, mereka juga rajin mengunggah aksi mereka ke youtube. Nah, dari situlah Duette bertemu dengan Musica.  Lalu ada tiga orang produser yang terlibat untuk album ini. Mereka adalah Irwan ‘men’ Simanjuntak, Alam Urbach dan Kevin Aprilio. Kevin juga menyumbang sebuah lagu ciptaannya yang berjudul Usai Sudah. Karena Duette memang sudah siap, baik secara teknis bernyanyi dan materi lagu, di beberapa lagu mereka juga bertindak sebagai produser. Dan tidak butuh waktu lama untuk menyiapkan debut album mereka yang diberi judul Awal Baru.

Single pertama mereka yang berjudul Pernah ditulis oleh Adri. “Awal saya bikin, arransemennya bergaya One Republic. Kemudian kita menggarap lagu ini bareng Irwan Simajuntak dan akhirnya, dan banyak masukan yang membuat lagu ini jadi semakin segar,” Ujar Adri. Soal lirik, dia mengaku kalau lagu ini memang terbuat dari judul dulu, yaitu kata Pernah. “Tiba tiba saja saya menemukan pengulangan kata pernah yang kita sambung dengan melupakanmu, memarahimu, membohongimu dan meninggalkanmu. Dan jadilah lagu itu,” terang Adri menolak tuduhan dia curhat di lagu ini.

Curhat ataupun tidak, namun lagu Pernah ini memang punya arti cukup dalam tentang kisah sepasang kekasih. “Saya melihat lagu ini adalah ungkapan hati sepasang kekasih yang berpisah, namun akhirnya ingin bersama lagi,” Adri mengutarakan yang dirasakannya dalam lagu ini.

Lagu-lagu lain di album ini juga punya kekuatan istimewa untuk menarik kita. Kuingin adalah salah satu lagu yang mendapat perlakuan istimewa. Di album Awal Baru, lagu Kuingin ada dua versi. Versi ful band dan akustik. Karena dua versi itu memang sama-sama kuat dalam mengantarkan cerita yang terkandung di dalamnya. “Personally, saya suka lagu ini karena memang saya tulis berdasar pengalaman pribadi. Tentang cowok yang enggak mau pisah sama ceweknya,” tutur Ozo tentang lagu ciptaannya itu. Tema perjuangan cinta memang banyak menginspirasi Duette dalam penulisan lagu. Cerdiknya, Duette menuliskan tema ini dari berbagai sudut pandang.  Kalau tadi mempertahankan cinta, di lagu Tiada Lagi adalah cerita bagaimana pasangan yang harus berpisah demi kebaikan bersama. Bagaimana mereka berusaha menerima kenyataan bahwa mereka memang tak harus saling memiliki. Bukan berarti album ini galau, segalau-galaunya. Coba dengarkan S.O.S I Love You. Sebuah kisah tentang cowok yang benar-benar jatuh cinta pada cewek yang baru dikenalnya. Dan berjuang sekuat tenaga untuk mendapatkannya. Kita akan bisa merasakan sisi fun dari anak-anak Duette. Dikemas dalam tempo dinamis dan akan terdengar seperti sebuah band. “Lagu ini memang saya suka karena menunjukan gaya nge-band dari Duette.” Tegas Adri.

Yang tak kalah istimewa adalah lagu Maukah Kau Menjadi Milikku? Sebuah lagu romantis yang fun. Lagu yang bisa jadi pilihan buat nembak pacar. Dan ini adalah lagu yang membuat Musica jatuh cinta. Notasi dan lirik simple yang langsung mengena dalam hati, jadi kekuatan lagu ini. Kali ini Duette bekerjasama  dengan seorang musisi sensasional, Alam Urbach.

Paduan dua genre musik, dua style yang berbeda ternyata menghasilkan sebuah karya yang romantically fun. “ Ya, kami memang ingin menonjolkan sisi ceria dalam lagu romantis ini. Karena masa-masa pengejaran cinta itu sebenarnya adalah masa-masa yang sangat menyenangkan,” jelas Adri yang disambut anggukan Ozo. Dan terciptalah sebuah lagu dalam nuansa Asian pop yang dinamis.

Dan enggak mau kalah dengan rombongan cowok cowok yang menari dan sedikit bernyanyi, Duette juga mempersiapkan penampilan mereka dengan koreografi. Mereka banyak mengadopsi gaya koreografi Korea yang sekarang memang sedang mewabah di anak-anak muda Indonesia.

Dan bermodalkan kemampuan mereka bernyanyi dan segala persiapan lainnya Duette pun menaruh cita-citanya di tempat tinggi. Cita cita tinggi mereka adalah menjadi duet terbaik di Indonesia dan suara mereka bisa terdengar di kancah internasional. Dengan kemampuan yang mereka miliki, semua itu bisa terjadi.

Secara keseluruhan, album ini akan membuat kita  merasakan  perjuangan cinta yang  mengasyikan!  

Come, let’s join the fun!

Daftar Lagu:

  1. Pernah
  2. Kuingin (akustik)
  3. Selalu
  4. Walau Tak Mudah
  5. 3 Kata
  6. Usai Sudah
  7. SOS I Love You
  8. Kuingin
  9. Tiada Lagi
  10. Maukah Kau Menjadi Milikku?