DISCOGRAPHY - DE.NENO "DE.NENO (2013)"

Salah satu cara untuk bisa stand out di industri musik sekarang ini adalah konsep yang kuat. Ini juga yang menjadi kunci kesuksesan band asal Jakarta ini menaklukan ajang pencarian bakat di tahun 2012Damas(vokal), Martin (Drum), Agha (Gitar) dan Gaps (Gitar) yang tergabung dalam DE.NENO hadir dengan konsep yang kuat.

 

"Kita sebisa mungkin memaksimalkan squencer. Tujuannya, apa yang didengar di hasil rekaman, bisa juga terdengar saat konser live," terang Damas sang vokalis. Kebanyakan band ingin tampil berbeda saat live atau memakai konsep jamming. Sedangkan DE.NENO justru tidak ingin menyianyiakan konsep yang mereka buat selama proses rekaman. Makanya Mereka benar-benar ingin menghadirkan karya mereka saat live, sama sempurnanya seperti yang mereka rekam untuk album.

 

Konsep itu juga yang membuat lagu Semaumu yang mereka angkat sebagai single pertama, mengalami eksplorasi. Semaumu sebenarnya dibuat tahun 2008, jauh sebelum mereka berinisiatif ikutan ajang Wanted. Namun, secara aransemen lagu, lagu ini terdengar fresh dengan berbagai ambience instrument terkini.Semaumu bercerita tentang teman yang datang kalau butuh, dan pergi saat gak sudah tak butuh kita lagi. Sebuah tema yang mungkin dialami banyak orang. Lagu dengan beat yang fresh, notasi yang 'mengganggu' inidipercaya jadi nomor perkenalan dari DE.NENO.

 

Menggarap album sebagai juara di salah satu ajang pencarian bakat tahun 2012 merupakan sebuah tantangan tersendiri. Karena harus bekerjasama dengan beberapa produser berbeda. DE.NENO bekerjasama dengan Krisna J. Sadrach yang kita kenal memoles Ungu menjadi salah satu band besar dan juga Noey dan Capung yang membawa nama Noah melesat di industri musik Indonesia. Tantangannya adalah bagaimana tetap memunculkan karakter band dalam polesan dua karakter produser.

 

Dan saat lagu Berhasil Sakitiku ditaruh persis seusai Semaumu dalam playlist cd album DE.NENO, terlihat kemampuan mereka menjawab tantangan itu. Kita bisa merasakan perbedaan sentuhan Krisna J. Sadrach dan duet Noey & Capung tanpa menghilangkan karakter DE.NENO. Berhasil Sakitiku memang bermain dengan tempo lagu yang lebih lambat, namun Damas masih tetap nyaman bernyanyi. Lagu ini sendiri berkisah tentang sakitnya perasaan seseorang saat disakiti hingga ditinggal pergi sang kekasih.

 

Sempurnakan Aku, sebuah single yang membuat sang produser Krisna J. Sadrach serasa menemukan harta karun. DE.NENO memilih memainkan ambience lagu lewat choir, alunan biola dan strings yang digarap indah oleh Hendri Lamiri. Nama yang sudah lama dikenal untuk urusan biola dan strings section. Namun DE.NENO ‘memaksa’ Hendri Lamiri untuk membuat sebuah komposisi segar yang benar-benar bisa menyempurnakan lagu ini.

 

 

 

Untuk Apa, sebuah soundtrack baru untuk kisah cinta setiap orang. Apalagi buat pasangan yang sudah mulai merasa jenuh satu sama lain. Atau pasangan yang sudah mulai merasa ada perbedaan cara mereka memandang cinta. Bukan berarti menyarankan pasangan itu untuk berpisah. Tapi juga sebuah pertanyaanyang bisa dijadikan titik awal untuk memulai hal yang baru dalam hubungan cinta mereka. Enggak salah dong, kalau di tengah jalan kita memulai hubungan cinta kita untuk sebuah tujuan yang benar-benar baru.

 

Sebuah cara baru lagi dalam memuji orang terkasih ditunjukan oleh DE.NENO. Kali ini lewat lagu Takut. Lagu yang dikemas dalam tempo yang dinamis ini menggambarkan seseorang yang punya kekasih begitu cantik. Dan kecantikannya itu memikat hati banyak orang. Kisah dalam lagu ini diangkat dari cerita teman-teman di sekeliling mereka yang sering cemburu, atau curiga kalau pacarnya lagi pergi sama teman. Percayalah, ini bukan kisah sang penulis lagu. Karena sampai sekarang sang penulis lagu ini masih jomblo.

 

Untuk album pertama mereka, DE.NENO menyiapkan 9 lagu yang menawarkan konsep yang kuat. Alternatif rock versus synthesizer akan jadi berbeda ditangan 4 pemuda asal Jakarta ini. Dan, jangan lupa aksi panggung mereka juga akan memberi gebrakan segar. Bersiaplah untuk gebrakan dari DE.NENO.

 

 

Album: DE.NENO

Album: DE.NENO

Songlist:

  1. Semaumu
  2. Berhasil Sakitiku
  3. Untuk Apa
  4. Bicaralah
  5. Takut
  6. Maafkan
  7. A…A…A…
  8. Tak Akan Ada
  9. Sempurnakan Aku

 

Produksi: Musica Studio’s