DISCOGRAPHY - Kompilasi Idola Cilik "Gapai Bintangmu (2008)"

Langkah purna kompetisi menyanyi Idola Cilik 2008 di RCTI, tunai sudah dengan diluncurkannya album Gapai Bintangmu, akhir Juli 2008. Setelah cukup lama di dunia hiburan tidak ada penyanyi cilik, sehingga banyak anak-anak yang mencari figur dan sosok seorang selebriti anak untuk mereka idolakan. Inilah album kompilasi yang didendangkan ke-14 finalis Idola Cilik plus dua jawara dua besarnya yaitu Kiki dan Angel. 

RCTI berinisiatif untuk mendapatkan seorang idola cilik yang dapat dijadikan idola bagi anak-anak dan dapat dibanggakan oleh masyarakat Indonesia dengan membuatkan album rekaman seusai Idola Cilik 1 yang diproduksi oleh Musica Studio’s.

“RCTI memberikah wadah serta kesempatan untuk para anak-anak Idola Cilik untuk berkarya terus seusai Idola Cilik 1 dengan dibuatkan album rekaman”, ungkap Harsiwi Achmad selaku Direktur Programing RCTI.

Album “Gapai Bintangmu” ini memuat beberapa hits milik band dan penyanyi kondang di negeri ini, yang pernah dibawakan oleh para peserta saat proses kompetisi Idola Cilik berlangsung sejak tiga bulan silam. Namun, demi keperluan album rekaman, semua diaransemen ulang oleh Ony Krisherwinto, master concert Twilite Orchestra yang juga dikenal musisi yang mengawal aksi para bocah cilik ini berdendang di ajang kompetisi.

Istimewanya, dari ke-10 tembang yang terangkum di dalam album ini (dua di antaranya dalam format medley), ada beberapa lagu baru yang diimbuhkan sebagai lagu jagoan plus sebuah lagu tema opening kompetisi dan tembang baru yang liriknya bernuansa kemenangan di akhir acara Babak Final Idola Cilik yang telah ditayangkan secara langsung oleh RCTI.

Lagu baru itu apalagi kalau bukan tembang bertajuk Papa yang ditariksuarakan dengan apik oleh Kiki. Rizky Petrick Egeten, begitu nama lengkap juara pertama Idola Cilik 2008, menyanyikan tembang yang diciptakan khusus oleh hits maker, Melly Goeslaw. Papa, tembang pop mellow mengedepankan sisi apik olah vocal bening milik Kiki.

Pengkhayatan tinggi plus aransemen musik dengan tingkaha string section dan latar choir, membuat tembang Papa, terasa syahdu membelai telinga. Bagi penggemar tayangan Idola Cilik, tembang ini begitu pas didendangkan Kiki, mengingat ada kisah tersembul di balik sukses Kiki sebagai jawara yang berayahkan Martin Egeten, yang menderita luka bakar di sekujur tubuh hingga wajahnya.

Di sela-sela tampilan aksi perjuangan Kiki menuju kursi juara, RCTI juga mengimbuhkan kisah derita Martin dalam upaya mengobati luka bakarnya yang sempat menyiksa diri dan mengganggu aktifitasnya. Dan, Kiki pula yang memberikan yawa pada tembang Kucinta Kau Apa Adanya (Aku Mau), hit milik Once.

Ternyata.

Angel voice bukan hanya milik Kiki, pelajar kelas 2 SMP di Manado ini. “Sang malaikat” juga adalah Angelica Martha atau yang akrab disapa Angel. Juara 2 Idola Cilik, ini mendendangkan tembang Cinta Untuk Mama, karya Seli Theorupun Pontoh. 

Seli adalah sosok perempuan di balik keberhasilan album anak milik Tasya, tujuh tahun silam. Seli pula menulis lirik tembang Satu Jam Saja, yang didendangkan Asti Asmodiwati dan dipopulerkan kembali oleh Audy. 

Suara Angel yang memang sekualitas angel voice terdengar indah dalam rangkaian tembang medley CintaUntuk Mama dengan coda (akhir lagu) cuplikan refrain tembang Bahasa Kalbu, hit milik Titi DJ. 

Selebihnya album ini memuat tembang-tembang hit manis yang dinyanyikan apik oleh ke-14 finalis Idola Cilik lainnya dalam format harmonisasi asyik. Sebut saja tembang Aku & Bintang, milik Peterpan. Dalam album Gapai Bintangmu, tembang itu tak terasa sebagai ke-Ariel-Ariel-an. 

Atau tembang Marilah Kemari yang dirajut dengan Dansa Yok Dansa dalam format medley. Sudah cukup banyak penyanyi yang mempopulerkan tembang ini. Namun, tembang pop yang diaransemen ala pop soul James Brown ini terasa asyik tatkala keluar dari tenggorakan angel voice macam Iyan, Siti, Dayat, Ivi, Kiki, Gabriel dan Septian. 

Ony Krisherwinto sukses menghadirkan rasa baru dalam aransemen musik beberapa tembang hit yang sudah kadung melekat di batas pendengaran pencinta musik Tanah Air. Misalnya, ada rasa baru dalam tembang Alhamdulillah (Opick/Amanda) atau Arti Sahabat (Nidji), yang mengedepankan deretan finalis lelaki Idola Cilik bersuara asyik seperti Rico, Sion, Dayat dan Gabriel. 

Akhirnya, Tunjuk Satu Bintang, ciptaan Seli T. Pontoh menjadi tembang baru lainnya yang diperkenalkan pertama kali oleh finalis Idola Cilik di panggung gran final. Lagu itu melengkapi tembang Idola Cilik, semacam overture di album ini, yang sudah kadung familiar bagi masyarakat lantaran menjadi opening tayangan kompetisi ini. 

“Idola cilik….. idola semua idola…..Mari warnai dunia, Kau dan aku bersama…..Berikanlah yang terbaik untuk semua….. Doremi….Remifa….Mifasol… Fa sol la si do……”.

Selamat datang di industri musik sang idola cilik!!!!