DISCOGRAPHY - Java Jive "Stay Gold (2008)"

"Ini adalah persembahan utuh Java Jive secara tim dalam sebuah band,” papar vokalis Danny.Dalam bahasa Fatur apa yang terekam di album penuh kelima Java Jive ini adalah sebuah hutang jiwa dan energi sebuah kemandirian,”Dalam grup itu soul yang kami dapatkan selalu berbeda. Kami mengenal musik pertama kali dari band. Spirit kami sama saat mengerjakan album ini. Dan lebih utama lagi adalah kami lebih dewasa dalam bersikap. Tidak ada hal-hal prinsip kemudian yang memicu kami berselisih faham. Semua kami sepakati bersama. Baik soal aransemen, lirik, atau lagu. Semua bisa cocok dan bisa dikomunikasikan.”

Kreatifitas sebagai band lewat proses jamming menjadi bekal untuk Java Jive kembali menemukan jiwa mereka. Jika kita simak lagu lain yang mengambil dasar pop ballad seperti lagu ”Seperti Dicintai (Secara Dikhianati)”, ”Kawan, Kamu Di Mana”, ”Nafas Terakhir” atau ”Mengejar Sinar Pagi” akan terasa sekali lagu-lagu tersebut kuat dari sisi pelebaran detail sound dan harmoni yang hanya bisa ditemukan saat proses jamming. ”Kami menjadi sadar bahwa selama ini musik seperti ini yang kami inginkan,” ungkap Edwin menambahkan.

Jika disimak lebih lanjut. Proses produksi yang menjadi bekal Java Jive untuk kembali masuk studio menurut Noey adalah pemilihan karakter sound seperti yang dibentuk oleh produser seperti Steve Lilywhie, Brian Eno, dan Trevorn Horn yang kenyang membentuk rakitan indah sebuah komposisi yang cocok dengan gaya Java Jive. Ada warna british yang kuat. Namun ada elemen Amerika yang ikut memberi percikan-percikan sound yang cukup signifikan. Itu sangat terasa di lagu ”Mengejar Sinar Pagi.” Sebuah lagu menawan karya cipta gitaris Capung.

Album ini menurut Java Jive lebih dari 50% adalah berisi kadar idealis. Namun idealis yang masih berpijak pada rambu-rambu sebuah landasan pop musik yang mudah diterima oleh khalayak musik di Indonesia. Masuknya Aria memberi darah segar. Dan kesegaran itu itu juga melingkupi jiwa Noey, Capung, Fatur, Danny, dan Edwin yang berhasil menyatu kembali dalam sebuah rumah bermusik bernama Java Jive.

Dan saat ini adalah waktu yang tepat bagi Java Jive untuk kembali ke permukan musik pop Indonesia dengan bekal sebuah album istimewa penuh enerji maksimal berisi 11 lagu bergaya Java Jiva yang semestinya bertajukStay Gold...