DISCOGRAPHY - Kahitna "Lebih Dari Sekedar Cantik (2009)"

Kahitna masih setia beranggotakan Yovie (piano & keybord) , Carlo (vokal), Mario (vokal),Hedi (vokal), Bambang(piano), Harry (perkusi) , Budi (Drum), Dody (bass), dan Andrie(gitar). Tepat 24 Juni 2009 band Kahitna telah berhasil menguji Kahitna dari derasnya dinamika musik pop Indonesia yang terus bergolak dan berevolusi tiap saat.

 

Walau lintasan trend dan jaman telah berlalu namun Kahitna, band asal Bandung ini masih berdiri tegak dan tetap dengan notasi indah penuh romantisme tingkat tinggi. Sebuah kekuatan yang selalu hadir dalam lagu-lagu Kahitna. Dan senjata itulah yang membuat Kahitna bertahan sampai saat ini.

 

Di tahun 2009 ini sebuah materi album full ke-7 akan segera diluncurkan dan masih dirilis diMusica Studio’s.Materi album yang masih bercirikan Kahitna dengan adaptasi berbagai detail yang selama ini selalu Kahitna sempurnakan. Adalah lagu lama ciptaan Yovie Widianto ”Untukku” yang akan menjadi salam kembali dari Kahitna di tahun 2009 ini. Sebuah lagu masterpiece yang pernah di populerkan oleh Chrisye dan mencetak hits saat itu.

 

Tentu menjadi pekerjaan rumah yang tidak mudah bagi Kahitna untuk lepas dari struktur yang telah telanjur dipopulerkan Chrisye di lagu ini. Namun Kahitna berhasil menghasilkan warna yang segar dengan pendekatan musik mereka. Intro yang mengawang dengan tarian denting piano indah dari Yovie akan menjadi nada-nada sempurna dari lagu ini. Aransemen vokal dari tiga vokalis Mario, Heidi, dan Carlo terasa hidup di lagu ini. Ada porsi yang secara menawan mereka berhasil bagi dengan bijak dan baik.

 

”Everybody Needs Somebody” dan ”Lebih Dari Sekedar Cantik” mampu lahir utuh dengan kesegaran yang selama ini jarang dikemukakan Kahitna. Irama rancak yang memamerkan kehandalan mereka dalam membuat aransemen dengan konsep big band yang memukau. Itu pula tersimak di nomor funk ”Cemburu” dimana tersimak bassis Doddy memainkan melodi bassnya dengan bulat dan utuh. Tak lupa tentunya letupan-letupanchoir bersahutan yang menjadi ciri khas Kahitna.

 

Diakui komposisi ”Mantan Terindah” dan ”Hampir Jadi” adalah dua nomor kuat di album ini. Kekuatan aransemen yang indah dari permainan piano Yovie yang menjadi dominasi yang menghiasi nomor apik ini. Khusus untuk ”Hampir Jadi” kekuatan vokal Carlo, Heidi, dan Mario diuji.

 

”Insomnia” menjadi tema unik dengan lead awal dari vokal Mario. Pula dengan intro gitar akustik dari Andrie dan piano Yovie dan Bambang melodius di lagu ”Bila Bintang tak datang” yang ditingkahi bunyi perkusi minimalis yang elegan dari Hari. Nomor santai namun tetap cantik. Komposisi ”Mentariku” yang menghadirkan vokalis perempuan secara bersahutan mampu menjadi pewarna lain di album ini.

 

Giliran di komposisi ”Pacarku” seperti kembali ke awal lagu-lagu Kahitna saat band ini mulai pertama masuk industri musik Indonesia. Ada sentuhan 90’s dalam porsi yang masih dalam takaran Kahitna yang romantis dan manis. Jujur saja warna musik pop yang lama tak tersimak dengan kekuatan komposisi tersimak indah di lagu ”Menanti” yang pernah dipopulerkan oleh Dea Mirella (Warna). Namun versi Kahitna serasa lebih gagah dan kokoh dalam segi struktur tempo.

 

Secara keseluruhan, konsep musik yang diusung Kahitna di album ini masih menyuarakan dasar jazz yang pada perkembangannya tetap memadukan semua unsur musik yang ada seperti pop, fusion, etnik, latin dan jazz ciri khas Kahitna. Sebuah album pop romantis dari Kahitna yang akan menutup tahun 2009 di musik Indonesia ini dengan indah.