DISCOGRAPHY - Project Pop "You Got (2009)"

Ini semua tentang kreatifitas. Dan dalam album ini bukan hanya soal kreatifitas bermusik. Kemasan album ini sangat berbeda dengan album yang biasa kita dengar. Kita akan mendengarkan drama prolog yang akan mengantarkan cerita di setiap awal lagu. Tentunya dikemas dengan gaya Project Pop yang usil dan menyegarkan. Drama bukan hal yang baru buat mereka, karena mereka memang dibesarkan dari komunitas yang akrab dengan drama. Pembuka album ini adalah penggalan cerita Romeo & Juliet yang jadi intro single pertama mereka Batal Kawin. Ini akan langsung membuka telinga kita untuk mendengarkan albumini dengan lebih detail. Karena, selain menggambarkan isi dari lagu, drama-drama itu juga membuat kita lebih bisa menikmati keseluruhan album yang berisi 10 track ini.

Namun jangan beranggapan kalau lagu-lagu mereka kemudian penuh dengan khayalan. Cerita yang terkandung di tiap lirik isi lagu merupakan cerita yang mungkin banget kita alami. Malah sebagian berasal dari kisah nyata yang di dengar oleh para personel Project Pop. Seperti lagu Batal Kawin yang ditulis oleh Gugum, adalah cerita dari seorang teman dekat mereka. “Itu kisah nyata dari junior kita. Yang udah siap mau kawin tapi batal.” Ujar Gugum menjelaskan lagu yang ditulisnya itu. Musik di awal lagu ini akan langsung membawa kita ke suasana pesta perkawinan yang meriah. Mungkin mengingatkan kita pada iring-iringan ondel ondel mau lewat. Yah, begitulah konsep musik Project Pop memang sangat variatif. Dari musik daerah, rock melayu, hip-hop sampai reggae akan kita temukan di album ini.

Yang mungkin agak berbeda dengan album-album terdahulu adalah dominasi lagu cinta di album ini. Dan percaya gak percaya, dengan segala keusilan mereka, Project Pop bisa menciptakan lagu yang romantis. Coba saja dengarkan lagu yang berjudul Bohong. Lagu ini punya sudut pandang yang sangat menarik dari sebuah perpisahan atau berakhirnya sebuah hubungan cinta. Dikemas dalam pop balada yang menghanyutkan. Bukan tidak mungkin lagu iniakan menjadi anthem buat mereka yang baru saja putus sama pacarnya. Satu lagu lagi yang menggambarkan perjuangan meraih cinta mereka beri judulNdableg. Sebuah ungkapan yang mungkin buat sebagian orang punya arti negatif. Tapi dalam lagu ini, artinya bisa berbalik 180 derajat. Ndableg akan menjadi sifat seorang cowok yang diinginkan semua wanita di muka bumi.

Perjalanan kita dengan album ini akan berujung di sebuah lagu dengan genre yang mungkin baru pertama kali mereka bawakan. Setelah sukses dengan Dangdut Is The Music Of My Country, Metal vs Dugem , kali ini giliran lagu reggae. Dan seperti biasa. Project Pop benar-benar mengeksplorasi genre musik yang mereka mainkan. Makanya, kalau ada musisi reggae yang dengar lagu ini, bisa jadi mereka menyesal karena enggak diajak ikutan nyanyi. Dan lagu Senggal Senggol Reggae ini memang sebuah penutup yang pas. Yang membuktikan teori , asal ada Project Pop, semua akan berujung pada Happy Ending.