News - Musica Rewind 2018

Tahun 2018 akan segera berakhir. Dalam hitungan hari, kita semua akan segera beranjak menuju tahun yang baru dan semangat yang baru. Melihat kembali setahun ke belakang, ada begitu banyak momen yang terjadi. Ada rasa bahagia, sukacita, ada pula yang sendu, kelabu, serta berduka.

Musica Studios sebagai salah satu label musik di Indonesia pun mengalami rangkaian perjalanan panjang selama tahun 2018 ini. Banyak hal luar biasa terjadi dalam jangka waktu 12 bulan ke belakang. Awal tahun dimulai dengan Nidji yang mengumumkan untuk ‘tidur’ sementara. Giring, sang vokalis, yang memiliki kegiatan lain di bidang politik memilih untuk vakum sementara dari band yang membesarkan namanya. Tagar #SelamatTidurNIDJI menggema di media sosial, mengantar tidur sang idola. Namun, tidurnya Nidji justru membangunkan sebuah project baru: NEV+ Dea Dalila. Tidak menunggu lama, NEV+ langsung merilis single yang mendaur ulang lagu ‘Cinta 99%’ milik Dea Dalila.

Tahun 2018 adalah tahunnya kolaborasi. Setelah awal tahun dibuka dengan NEV+ Dea Dalila, D’MASIV pun tak mau ketinggalan untuk membuat jejak di 2018 ini dengan merilis sebuah lagu kolaborasi dengan Rossa dan David NOAH berjudul ‘Pernah Memiliki’ serta ‘Ingin Lekas Memelukmu Lagi’ bersama Is Pusakata. Dea Dalila pun merilis single duetnya berjudul ‘Mencintaimu 99%’ bersama Alvin Chong, musisi asal Malaysia. Band asli Surabaya, SHIMA, juga tidak mau kalah. SHIMA menggandeng Sufian Suhaimi, solois dari Malaysia dan mendaur ulang lagu ‘Di Matamu’ milik Sufian.

Musisi junior, Zara Leola, juga membuat banyak pencapaian di tahun 2018 ini. Zara merilis dua lagu di tahun ini, berjudul ‘Wake Up’ dan OST Petualangan Menangkap Petir ‘Liburan’.

Di Tahun ini juga, beberapa musisi mendapatkan penghargaan atas karya-karyanya. Salah satu band terbesar di Indonesia, NOAH, kembali memperbanyak koleksi pialanya setelah dianugerahi AMI Awards 2018 untuk kategori Karya Produksi Alternatif Terbaik. Sedangkan Sheryl Sheinafia berhasil menjadi yang terbaik di kategori Karya Produksi Kolaborasi Terbaik lewat kolaborasinya bersama Rizky Febian, dan Chandra Liow di lagu Sweet Talk. Penghargaan juga hadir dari Candra Darusman yang berhasil membawa pulang dua piala. Musisi senior ini menang di kategori Album Terbaik Terbaik  dan Album Pop Terbaik lewat album Detik Waktu : Perjalanan Karya Cipta Candra Darusman (Various Artist).

***

Medio tahun 2018, lampu sorot tertuju kepada ASIAN GAMES dan ASIAN PARA GAMES, sebuah pesta olahraga terbesar di Asia yang digelar di Indonesia. Sebagai sebuah pagelaran olahraga internasional, official theme song tentu menjadi sebuah hal yang penting. Tidak tanggung-tanggung, musisi yang terlibat dalam official theme song Asian Games 2018 ini adalah nama-nama besar seperti Ariel NOAH, Guruh Soekarno Putra, Once Mekel, NEV+ Dea Dalila, D’MASIV, Sheryl Sheinafia, hingga penyanyi muda Shakira Jasmine. Semuanya berkarya untuk satu tujuan, memeriahkan pesta olahraga ini dan mengharumkan nama Indonesia ke mata dunia.

Layaknya sebuah film action yang semakin mendekati ending maka semakin seru pula aksi laganya, Musica Studios pun semakin menyuguhkan kejutan-kejutan yang besar. Dimulai dari Geisha yang memperkenalkan Regina Poetiray sebagai keluarga barunya. Band asal Pekanbaru ini juga merilis dua single di tahun 2018 ini berjudul ‘Kering Air Mataku’ dan yang teranyar, ‘Kembali Pulang’. Tidak hanya Geisha, Nidji pun siap bangun dari tidur panjangnya. Setelah vakum hampir setahun, Randy dkk siap untuk kembali dengan seorang vokalis baru. Pencarian vokalis yang akan melengkapi Nidji ini masih berlangsung dan akan diumumkan di awal tahun 2019.

Di penghujung tahun, suguhan istimewa kembali hadir. Tidak hanya satu, melainkan dua konser untuk dua musisi legendaris Indonesia, Chrisye dan Candra Darusman. Signature Concert Chrisye jelas merangkum sebuah kolaborasi luar biasa antara D’MASIV, Once Mekel, Sophia Latjuba, dan Paul Latumahina. Sedangkan Forever Music Candra Darusman sukses menghadirkan mesin waktu yang membawa penonton terlempar ke masa lalu. Mesin waktu yang membuat mereka bernostalgia bersama lagu-lagu Candra Darusman.

***

Penghujung tahun bukanlah akhir, namun awal menuju babak baru selanjutnya. Semoga tahun 2018 ini memberi pembelajaran untuk kita semua dan bisa menjadi bekal guna menyongsong tahun baru yang lebih baik.

Dari Musica Studios untuk Anda. Selamat Tahun Baru 2019!

 



Comments

Baca Juga

NOAH Rilis Single Terbarunya, 'Wanitaku'

Setelah sukses merilis single “Jalani Mimpi” dan “My Situation”, Noah akhirnya secara resmi merilis single terbaru berjudul “Wanitaku”.

Musica All Star 'Dinginkan' Suasana Lewat Lagu 'Indonesia Damai'

Ditengah panasnya situasi politik Indonesia saat ini, Musica Studios mengajak seluruh musisi mulai dari Titiek Puspa, Ebiet G Ade, Iwan Fals, Vina Panduwinata, Rafika Duri, D’Masiv, Giring, Momo, Sheryl, Ubay ‘Nidji’, Regina ‘Geisha’, Rheno Poetriray, Dea

D'MASIV Rilis 'Lelaki Pantang Menyerah'

D’Masiv akhirnya resmi merilis lagu “Lelaki Pantang Menyerah”. Lagu yang diciptakan based on true story ini, bercerita tentang hubungan percintaan masa-masa remaja yang dirasakan oleh Rian.

'Memanggilku Sayang', Refleksi Cinta Yang Berbeda dari Dea Dalila

Memanggilku Sayang merupakan sebuah refleksi dari mencintai setiap perubahan yang pasti terjadi dalam hidup.

'Kunci Hati', Single Terbaru GEISHA Yang Jadi OST Single Part 2

Setelah sukses mengisi soundtrack film ‘Single Part 1’ pada 2015 dengan lagu “Sementara Sendiri”, kini Geisha kembali mendapat kesempatan mengisi soundtrack film ‘Single Part 2’.

Salam Ramadhan Kembali Hadir!

Salam Ramadhan kembali hadir. Acara tahunan yang sudah berjalan tiga kali ini adalah event special yang digagas Musica Studio’s untuk memberikan tontonan yang menarik pada saat bulan Ramadhan.