News - Selamat Hari Musik Nasional!

Musik. Rasa-rasanya tidak ada satu orang pun di dunia ini yang tidak suka mendengarkan musik. Musik adalah sebuah bahasa yang paling universal dibandingkan apapun, yang mampu menembus batas kultur, bahasa, dan budaya. Sebagai bahasa universal, musik pun mampu menjadi alat komunikasi bagi sebagian orang walau mereka berbeda bahasa.

Hari ini, 9 Maret 2019, merupakan hari yang istimewa bagi para musikus Indonesia, karena untuk kesekian kalinya hari ini diperingari sebagai Hari Musik Nasional. Pemilihan tanggal 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional bukan tanpa sebab. Itu dipilih lantaran tanggal 9 Maret bertepatan dengan hari lahir WR. Supratman, pencipta lagu Indonesia Raya. Penetapan Hari Musik Nasional bertujuan untuk mengapresiasi karya-karya musikus Indonesia.

Musik tentu mempunyai peran yang sangat besar bagi para pelaku seni musik. Musiklah yang membawa mereka bertemu pengalaman baru, mendapat teman baru, serta menikmati pengalaman yang sebelumnya mungkin tidak pernah terbayangkan.

Bagi D'MASIV, musik adalah sebuah jalan hidup. Sebuah jalan yang dipilih dengan penuh resiko, namun terbukti bahwa dari musik, mereka bisa hidup dan menghidupi puluhan crew. "Dari musik kita bertemu banyak pengalaman baru. Siapa yang dulu menyangka kita bisa pergi ke Irlandia? Ternyata kita bisa, karena musik." tutur Rian, vokalis D'MASIV. Dan D'MASIV merayakan Hari Musik Nasional dengan sesuatu yang magis, menyanyikan Indonesia Pusaka di perbatasan Indonesia-Timor Leste.

Bagi para personil GEISHA, musik bukan lagi menjadi sebuah hobby tapi sudah menjadi bagian hidup. "Saya bagian dari musik dan musik adalah bagian dari hidup saya." ucap Robby, sang gitaris. Musik juga memberikan sebuah pengalaman yang unik untuk Regina Poetiray. Sebagai orang yang dibesarkan dari keluarga yang suka bermusik, Regina sudah berkenalan dengan nada dan lagu sedari kecil. Hal itu pula yang membuat cintanya terhadap musik semakin dalam. "Musik adalah motivasi hidup saya yang memberikan semangat untuk terus berkarya." ucap vokalis baru Geisha ini.

Bagi Muhammad Yusuf Nur Ubay atau Ubay, vokalis baru Nidji yang meneruskan Giring Ganesha, musik tidak hanya mengajarkan tentang alunan lagu, tapi musik juga mengajarkannya nilai-nilai kehidupan. "Saya belajar musik dari kecil. Dari musik saya belajar tentang disiplin dan tepat waktu. Bagaimana kita berinteraksi dan menghargai orang lain, itu juga saya dapatkan dari musik. Musik adalah hidup saya." tutur vokalis yang juga handal bermain saksofon ini.

Selamat Hari Musik Nasional, semoga musik Indonesia semakin berjaya!



Comments

Baca Juga

NOAH Rilis Single Terbarunya, 'Wanitaku'

Setelah sukses merilis single “Jalani Mimpi” dan “My Situation”, Noah akhirnya secara resmi merilis single terbaru berjudul “Wanitaku”.

Musica All Star 'Dinginkan' Suasana Lewat Lagu 'Indonesia Damai'

Ditengah panasnya situasi politik Indonesia saat ini, Musica Studios mengajak seluruh musisi mulai dari Titiek Puspa, Ebiet G Ade, Iwan Fals, Vina Panduwinata, Rafika Duri, D’Masiv, Giring, Momo, Sheryl, Ubay ‘Nidji’, Regina ‘Geisha’, Rheno Poetriray, Dea

D'MASIV Rilis 'Lelaki Pantang Menyerah'

D’Masiv akhirnya resmi merilis lagu “Lelaki Pantang Menyerah”. Lagu yang diciptakan based on true story ini, bercerita tentang hubungan percintaan masa-masa remaja yang dirasakan oleh Rian.

'Kunci Hati', Single Terbaru GEISHA Yang Jadi OST Single Part 2

Setelah sukses mengisi soundtrack film ‘Single Part 1’ pada 2015 dengan lagu “Sementara Sendiri”, kini Geisha kembali mendapat kesempatan mengisi soundtrack film ‘Single Part 2’.

Salam Ramadhan Kembali Hadir!

Salam Ramadhan kembali hadir. Acara tahunan yang sudah berjalan tiga kali ini adalah event special yang digagas Musica Studio’s untuk memberikan tontonan yang menarik pada saat bulan Ramadhan.

Musica Studio's dan Trinity Optima Rilis Album Religi 'Demi Masa'

Untuk menyambut bulan Ramadhan, sejumlah musisi seperti D’Masiv, Nidji, Zara dan Ungu mengeluarkan single religi untuk menemani para pecinta musik tanah air menjalankan ibadah puasa.