News - Musik dan Film, Satu Kesatuan Yang Tidak Bisa Dipisahkan

Tanggal 30 Maret 2019 diperingati sebagai hari Film Nasional setiap tahunnya. Sebuah perjalanan sejarah yang panjang dan kaya mengiringi perfilman Indonesia sejak tahun 50an hingga sekarang. Di sela perjalanan perfilman Indonesia, musik selalu menjadi satu bagian yang tak terpisahkan. Ya, musik dan film memang menjadi sebuah kesatuan yang utuh. Sebuah film akan kehilangan nyawanya jika tidak dilengkapi oleh musik. Sebuah film juga selalu menyelinapkan lagu pada adegannya seperti yang dikenal dengan sebutan soundtrack.

Musisi-musisi Musica Studio's dikenal sebagai musisi yang cukup aktif dalam mengisi soundtrack. Dan jika berbicara tentang soundtrack, tentu tidak sah jika tidak memulainya dari Nidji. Band asal Jakarta ini pernah merilis kompilasi album bertajuk 'King Of Soundtrack' yang berisi kumpulan soundtrack film yang pernah dikerjakan oleh Randy dkk. Sebut saja film ‘Sang Pencerah’ (Tuhan Maha Cinta), ‘5 CM’ (Di Atas Awan, 5 CM, Rahasia Hati, Tak Akan Pernah Mati), ‘Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck’ (Sumpah dan Cinta Matiku, Terusir, dan Nelangsa), serial  tayangan internasional berjudul ‘Heroes’ (Heaven Breakthru dan Top Up), serta yang paling fenomenal, soundtrack 'Laskar Pelangi'.

Tak hanya Nidji, NOAH pun pernah mengeluarkan album Alexandria, yang berisi official soundtrack dari film Alexandria yang dibintangi oleh Fachry Albar dan Julie Estelle. Lagu-lagu hits seperti 'Tak Bisakah', 'Jauh Mimpiku', dan 'Menunggu Pagi' membuat album ini cukup meledak pada masanya dan tembus angka penjualan lebih dari 1 juta copy.

Geisha dan D'MASIV pun tak mau ketinggalan. Keduanya pernah mengisi soundtrack untuk film 'Single' karya Raditya Dika. Geisha menyumbang dua lagu berjudul Sementara Sendiri dan Lagu Cinta. Sementara D'Masiv hanya satu lagu yang diberi tajuk Single.

Tidak hanya mengisi soundtrack, musisi Musica Studio's pun pernah beberapa kali membintangi film. Sheryl Sheinafia jadi salah satu yang cukup sering memainkan peran di sebuah film. Menjadi Ratna di film 'Galih & Ratna' (yang soundtracknya juga diisi oleh Sheryl), main bersama Raditya Dika di Koala Kumal, hingga punya geng kocak di film 'The Underdogs'. Yang terbaru, Sheryl akan berperan di film 'Bebas' garapan Mira Lesmana dan Riri Riza.

Duo personil Nidji, Giring dan Randy, juga jadi musisi yang pernah cicipi layar besar bioskop. Giring pernah berperan di film 'Sang Pencerah' dan 'Jilbab Traveler', sedangkan Randy memainkan karakter Bang Muluk di film 'Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck' dan yang terbaru akan berperan sebagai Indro di 'Warkop Reborn'.

----

Selamat hari Film Nasional. Semoga perfilman Indonesia semakin maju dan melahirkan karya-karya besar lainnya.



Comments

Baca Juga

NOAH Rilis Single Terbarunya, 'Wanitaku'

Setelah sukses merilis single “Jalani Mimpi” dan “My Situation”, Noah akhirnya secara resmi merilis single terbaru berjudul “Wanitaku”.

Salam Ramadhan Kembali Hadir!

Salam Ramadhan kembali hadir. Acara tahunan yang sudah berjalan tiga kali ini adalah event special yang digagas Musica Studio’s untuk memberikan tontonan yang menarik pada saat bulan Ramadhan.

Musica Studio's dan Trinity Optima Rilis Album Religi 'Demi Masa'

Untuk menyambut bulan Ramadhan, sejumlah musisi seperti D’Masiv, Nidji, Zara dan Ungu mengeluarkan single religi untuk menemani para pecinta musik tanah air menjalankan ibadah puasa.

Nidji, Geisha, Zara Leola, Shakira Jasmine hingga 3 Ajudan Ramaikan NGINTIP MUSICA 2019!

Sebuah sajian musik tahunan yang selalu diadakan oleh Musica Studio's, Ngintip Musica, kembali digelar. Berlokasi di Trans Mall Cibubur, Ngintip Musica kali ini bekerja sama dengan Detikcom

NIDJI dan GEISHA Tampil di KL Jamm 2019

Ada sesuatu yang menarik dari pagelaran KL Jamm 2019 yang berlangsung Sabtu (27/4). Dua band asal Indonesia, Nidji dan Geisha tampil menghibur penggemar mereka di tanah Malaysia.

Moshimo Mata Itsuka Rilis di semua Streaming Music Platform

Mungkin Nanti, salah satu lagu terbaik milik Peterpan/NOAH, digubah ke dalam bahasa Jepang menjadi Moshimo Mata Itsuka.