News - Mari Bergoyang, Seruan Iwan Fals dan Sandrayati Fay dalam Lagu 16/01

Setiap manusia dapat mencurahkan emosi dan perasaannya melalui media apapun. Tidak perlu mendapat gelar atau julukan untuk membuat sebuah karya. Kita bisa mengekpresikan kegelisahan sehari-hari melalui susunan kata yang berirama.

Pandemi belum usai, perang kerap terjadi, adanya saling curiga, bahkan ketidakadilan begitu jelas di depan mata. Namun semua itu dapat disikapi dengan doa, rasa syukur dan hati yang gembira.

16/01, sebuah karya musik dari Iwan Fals berkolaborasi dengan Sandrayati Fay. Lagu yang berdurasi hampir 8 menit ini bercerita tentang berbagai hal. Namun itu semua tercipta berdasarkan cinta.

Iwan Fals mengungkapkan, “Lagu 16/01 ini dibuat pada tanggal 16 November 2020 sampai 01 Juni 2021. Tanggal 16 dibuat dan tanggal 01 selesai, jadinya 1601. Beberapa kali dirubah judul, awalnya 1618 dari 16 November 2020 sampai selesai 18 November 2020. Kemudian menjadi 1610, sampai berapa kali ulang, akhirnya menjadi 1601.”

Iwan Fals bercerita tentang kolaborasinya dengan Sandrayati Fay, “Saya kenal Sandra sejak tahun 2016. Kolaborasi ini terbentuk berkat peran dari Cikal. Dia merasa lagu ini cocok dibawakan dengan Sandra. Saya pun merasa cocok. Sosok Sandra luar biasa, komunikatif, perhatian terhadap alam, terhadap orang lain, keseimbangan, hal-hal yang positif. Sandra sangat menghayati, ketenangan batin, dan dia suka yoga. Untuk Sandra yang sedang di negeri sana (Islandia), terus semangat. Semoga lagu ini bisa menghangatkanmu yang sedang kedinginan disana dan tetap menjaga tali silaturahmi.” ucap Iwan Fals.

Pendapat Sandrayati Fay terhadap Iwan Fals, “Saya merasa terharu sudah diajak kolaborasi di lagu ini. Rasanya ini sangat relevan dengan keadaan sulit yang kita alami sekarang. Senang sekali bisa ikut untuk mengkomunikasikan pesan tentang terus pegangan ke cinta kasih ini ke orang banyak. Iwan Fals selalu punya hati yang besar dan berani untuk ngomong ke luar. Saya selalu terinspirasi sama perspektifnya tentang hidup dan merasa beruntung bisa nyanyi bareng sambil terus merayakan hidup. Secara khusus, aku sangat bersyukur bahwa Iwan Fals dan keluarganya percaya banget sama musik saya dan membantu perkembangan karirku sampai sekarang.”

Pesan yang disampaikan dalam lagu ini, “Kita perlu mengisi waktu dengan produktif. Dalam waktu itu ada persoalan adu domba, bukan domba yang di adu, tapi pikirannya sendiri. Masyarakat hidup sederhana, bekerja, lalu menyekolahkan anaknya. Tapi yang punya kepentingan hubungannya dengan rekayasa untuk keuntungan. Atau perlu gesekan supaya lebih cerdas, seperti guru di sekolah terhadap muridnya.”

Lagu 16/01 dari Iwan Fals feat. Sandrayati Fay rilis pada 30 Juli 2021 di seluruh platform musik digital. Untuk video klip resminya tayang pada tanggal 1 Agustus 2021 pukul 16:01 WIB di channel Youtube Musica Studio’s.

 



Comments

Baca Juga

Viral di TikTok, Adlani Rambe Rilis Resmi Sindiran buat Teman Buaya

Teman Buaya terinspirasi dari postingan sosial media temanku. Dia menceritakan rasa cemburu dengan teman pacarnya.

Tampilkan Aransemen Asik dan Nyentrik, ZerosiX park Bawakan Kembali Tak Bisakah dari NOAH

Tak Bisakah yang kita bawakan mempunyai karakter berbeda. Bukan hanya aransemen tetapi juga image yang dibentuk mengusung konsep rock glam.

Waktu Yang Menjawab, Sentuhan Baru dari DMASIV

Situasi ini terjadi dalam kondisi menjalani kisah cinta yang sebenernya nggak mungkin terjadi, tapi tetap dijalani.

Kerinduan, Kehilangan dan Kenangan, Ungkapan dari Christie yang Menyatu dalam Pelangi

Lagu ini sangat full of energy. Bercerita tentang ungkapan rindu seseorang yang tidak lagi bersama.

Rayakan Ulang Tahun Pasangan Bahagia, Persembahan Titiek Puspa Lewat Lagu Dua Sejoli

Lagu ini diciptakan spesial untuk para pasangan yang ingin merayakan momen bahagia mereka.